Sabtu, 11 Juni 2011

My First Blog: sebuah cita-cita, minat, dan motivasi

Setelah sekian lama bercita-cita untuk menciptkan sebuah blog, saya akhirnya telah membuat blog ini. Blog berjudul "my mind, my soul, my life" ini memiliki makna bahwa blog ini berisikan mengenai mind, apa saja yang ada dalam pikiran saya terhadap berbagai hal, soul, apa saja yang saya rasakan (afeksi), dan life, apa saja yang ingin ceritakan tentang kehidupan ini yang ketiga unsur ini tentunya berupa sebuah tulisan. 

Terdapat dua inspirasi yang memotivasi saya untuk membuat blog adalah beberapa mata kuliah di fakultas saya dan dukungan dari teman-teman dan serta sahabat saya. Inspirasi yang pertama adalah dimulai dari sebuah mata kuliah pada semseter satu di Fakultas Psikologi UI, yakni MPKT (mata kuliah pengembangan kepribadian terintegrasi) serta logpen (logika dan penulisan ilmiah). Dalam kedua kuliah tersebut, saya diajarkan dan ditugaskan untuk menulis sebuah LTM (laporan tugas mandiri) dan jurnal observasi. Tugas-tugas tersebut mewajibkan saya untuk berpikir logis, sistematis, dan ilmiah untuk menganalisis kasus tertentu dan menulis sesuatu yang sedang diamati dalam kehidupan sehari-hari. Ketika mengerjakan tugas-tugas menulis, saya merasa begitu menikmatinya karena dapat menyalurkan apa yang menjadi pikiran saya serta "bermain" dengan literatur yang merupakan minat saya. Yang kedua adalah dukungan dari teman-teman dan sahabat. Beberapa dari mereka sudah memiliki blog pribadi. Ketika melihat blog mereka dan membacanya, saya berpikir bahwa seandainya memiliki blog sendiri, pasti akan lebih senang dan puas. Mereka pun sudah berkali-kali mengatakan saya untuk segera membuat blog. Maka dari itu, akhirnya saya membuat blog ini, mungkin inspirasi-inspirasi tersebut dapat dikatakan juga sebagai filosofi dari blog saya ini.

Rencana awal saya ketika ingin membuat blog adalah menulis dan menampilkan tulisan-tulisan ilmiah tentang fenomena atau masalah tertentu yang saya amati dan concern terhadap hal tersebut. Namun, tampaknya akan rigid dan kurang  fun saja jika harus semua tulisan berjenis seperti itu. Oleh karena itu, saya akan mengelola blog ini dengan menyajikan beragam tulisan. Yang pasti, saya telah berencana untuk mem-publish hasil tugas menulis saya selama berkuliah dan kemungkinan akan dikembangkan, terutama jurnal logpen.

Dari keseluruhan tulisan, saya berharap pembacanya dengan senang hati dapat memberikan komentar, saran, kritik, atau feedback terhadap tulisan saya tersebut. Saya percaya bahwa tidak ada yang sia-sia ketika membaca tulisan dan saling share pendapat atau pandangan, akan seru juga jika dijadikan sarana untuk berdiskusi. Selain itu, harapan saya adalah tulisan-tulisan saya dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pembaca. Yup, selama kegiatan itu memang berdampak positif, pasti akan bermanfaat.

Well, sincerely, I welcome you guys to my blog. Feel free to think and share!
Let's we learn together through writing! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar