Mengapa memilih keilmuan PIO?
Pada dasarnya, saya senang mempelajari perilaku manusia,
memahami mengapa mereka berperilaku seperti ini dan bagaimana mereka dapat
berperilaku seperti itu.
Kemudian, saya memiliki minat terhadap bisnis. Saya tertarik
untuk memahami bagaimana sebuah proses bisnis berlangsung sehingga dapat
memberikan nilai tambah bagi konsumen.
Saya berharap ketika saya mempelajari PIO, saya mampu
memahami dan mengintervensi bagaimana seorang karyawan dapat bekerja secara
optimal sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen yang menggunakan
produk dari bisnis tersebut. Di samping itu, masih banyak stakeholders yang
akan mendapatkan keuntungan dari produktivitas karyawan. Oleh sebab itu, saya
terdorong untuk mewujudkan bisnis yang berdampak positif bagi seluruh pihak
yang berkenaan atau terlibat.
Produktivitas mereka
tentunya akan menguntungkan bagi karyawan tersebut, baik secara finansial dan
nonfinansial. Nonfinansial adalah kebahagiaan yang dirasakan bagi karyawan
ketika dapat mengaktualisasi diri dan minat dalam pekerjaan karena bagi saya
karier itu merupakan komponen penting yang menentukan kebahagiaan seseorang.
Maka dari itu, saya berharap melalui ilmu PIO, saya juga dapat mewujudkan
kondisi bagi karyawan mampu mengoptimalkan dirinya dan menikmati pekerjaan dan
kariernya berdasarkan kesesuaian karyawan tersebut dalam pekerjaan.
Mengapa saya ingin menjadi dosen?
Pada dasarnya, saya menyukai belajar. Saya berharap dan selalu berusaha mewujudkan bahwa
setiap hari saya selalu belajar, bertumbuh, dan berkembang. Aspek pembelajaran
yang saya hendaki adalah terkait akademis atau keilmuan yang saya minati.
Ketika saya menjadi dosen, saya akan terdorong untuk terus belajar secara berkelanjutan serta tentu mengikuti
perkembangan zaman.
Di samping itu, saya menyukai pengajaran dan pendidikan.
Saya memandang diri saya cocok dalam mengajar atau mendidik dari segi nilai
yang saya anut, kepribadian, minat, kompetensi, dan lain sebagainya. Bagi saya,
penting sekali bahwa saya dapat membuat orang menjadi lebih belajar dan
berkembang yang nantinya pun akan menguntungkan dirinya sendiri serta
lingkungan.
Saya berharap bahwa saya dapat mengembangkan mahasiswa saya di masa depan. Bukan mengenai kognitif saja yang berkembang melalui pengajaran dan pendidikan yang saya berikan, melainkan optimalisasi pada diri mahasiswa tersebut serta sikap atau rasa untuk juga turut mengembangkan atau memajukan lingkungan serta bangsa dan negaranya. Saya juga rindu nantinya saya dapat menyediakan diri dan waktu saya bagi mahasiswa untuk mendengarkan mereka atau memberikan konsultasi bagi pengembangan diri mereka. Ditambah bahwa saya memandang generasi muda memiliki peran yang krusial yang perlu diperhatikan oleh karena transisi yang dihadapi dari anak-anak atau remaja menjadi seorang yang dewasa.
Saya yakin bahwa keberlanjutan suatu bangsa dan negara dipengaruhi oleh pendidikan serta sikap dan motivasi untuk berdampak bagi sekitarnya. Tentunya, keberlanjutan tersebut ditentukan oleh generasi muda selanjutnya. Maka dari itu, saya dengan menjadi dosen, saya hendak mengembangkan dan memajukan bangsa dan negara saya melalui pendidikan dan keilmuan serta dampak positif yang dapat saya berikan bagi mahasiswa atau generasi muda melalui pendidikan dan pengembangan diri mereka.
Saya berharap bahwa saya dapat mengembangkan mahasiswa saya di masa depan. Bukan mengenai kognitif saja yang berkembang melalui pengajaran dan pendidikan yang saya berikan, melainkan optimalisasi pada diri mahasiswa tersebut serta sikap atau rasa untuk juga turut mengembangkan atau memajukan lingkungan serta bangsa dan negaranya. Saya juga rindu nantinya saya dapat menyediakan diri dan waktu saya bagi mahasiswa untuk mendengarkan mereka atau memberikan konsultasi bagi pengembangan diri mereka. Ditambah bahwa saya memandang generasi muda memiliki peran yang krusial yang perlu diperhatikan oleh karena transisi yang dihadapi dari anak-anak atau remaja menjadi seorang yang dewasa.
Saya yakin bahwa keberlanjutan suatu bangsa dan negara dipengaruhi oleh pendidikan serta sikap dan motivasi untuk berdampak bagi sekitarnya. Tentunya, keberlanjutan tersebut ditentukan oleh generasi muda selanjutnya. Maka dari itu, saya dengan menjadi dosen, saya hendak mengembangkan dan memajukan bangsa dan negara saya melalui pendidikan dan keilmuan serta dampak positif yang dapat saya berikan bagi mahasiswa atau generasi muda melalui pendidikan dan pengembangan diri mereka.
Kesimpulannya, saya ingin menjadi dosen PIO karena saya
memiliki minat terhadap bisnis, sumber daya manusia, belajar, dan dorongan
untuk berdampak bagi lingkungan saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar