Senin, 16 Januari 2017

Hidup Saya Indah

Pada tanggal 16 Januari 2017, tidak sengaja pemikiran ini muncul. Pemikiran yang unik, yang belum tentu semua orang mengalaminya. Adalah sebuah refleksi kehidupan saya. Saya tumbuh dan besar dalam suatu dimensi yang serupa dan bertahan secara berkelanjutan yang cukup lama. Saya bersekolah, saya mengerjakan tugas sekolah dan tugas rumah, datang ke tempat kursus, dan begitu seterusnya terjadi di keesokan harinya. Memang tidak ada yang merugikan bahkan saya mendapatkan manfaat yang baik dari pola hidup yang seperti itu.

Beranjak dewasa, saya bertemu dan sengaja memaparkan diri pada dimensi yang berbeda. Bertemu dengan berbagai orang dari latar belakang dan nilai hidup yang berbeda, juga pengalaman-pengalaman yang belum pernah saya coba sebelumnya. Ketika saya berpikir dan merenung, ternyata banyak sekali hal positif bahkan semuanya adalah baik. Meskipun pahit pernah kurasakan, ternyata saya melihat dari sudut pandang lain bahwa banyak sekali yang saya pelajari. Tentunya, yang membuat saya semakin berkembang. Saya menyadari bahwa saya memiliki kecerdasan intrapersonal dan kebutuhan untuk selalu berkembang. Maka dari itu, perenungan dan gaining positive insight merupakan hal yang biasa saya lakukan.

Setelah saya menarik pengalaman hidup menjadi sebuah benang lurus, saya melihat dan menyimpulkan bahwa pengalaman yang telah saya lalui adalah berharga. Dan, saya melihat terdapat keindahan di sana. Perwujudan makna yang telah terungkap ini menjadi sebuah penguatan bagi saya untuk terus mengeksplorasi kehidupan ini, pengalaman yang berbeda dan  berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda akan menjadi agenda hidup saya. Hingga pada akhirnya, saya dapat membuat sebuah kesimpulan berdasarkan pengamatan dan pemaknaan mengenai esensi kehidupan manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar